Saturday, March 9, 2013

pulang kampung

Pas natal tahun lalu, gw sekeluarga pulang kampung. Kemana? Ke kampungnya bokap.
Dimana? Di Kumamoto, Kyushu, Jepang. Kalo diliat dari peta jepang, Kumamoto ini
letaknya di pulau kyushu (paling bawah). Kita berangkat tgl 25 Desember 2012, abis
Christmas eve, tidur bentar, terus langsung pergi deh ke Bandara Soekarno Hatta.
Jujur sih, bagian ini yg bikin excited dari dulu. Hi hi hi hi. I love the ambience at Soetta.
Flightnya jam 6 pagi. Jadi dari rumah kita uda berangkat dari jam 4 subuh. Niat banget.
Berhubung kita udah lama banget ga ke kampung bokap di Kumamoto, terakhir itu waktu
gw masih kelas 4 sd, terus yg tahun 2002, keluarga yg di jepang sempet ke jakarta juga,
jadi ganti-gantianlah ya saling ngunjungin. Akhirnya ga nyangka juga bisa pulang kampung
pas Natal 2012. Itu pun planningnya dadakan, cuman asal ceplos mau kemana nih akhir
tahun ntar? hahaha. Disusul panik takut ga dapet tiket pesawat, maklum hi-season.
Tapi, rejeki emang ga kemana kalo udah jodohnya. Thanks GOD!
Kita berangkat ke Tokyo, sampai di bandara Haneda Tokyo, kita lanjut naik JAL (japan
airlines) ke Kumamoto. total perjalanan ya seharian gitu. Cape. Bau. Ngantuk. Lepek.
Laper. Padahal makan udah, tidur juga udah. Kita dua mingguan di Jepang, rutenya seminggu
di Kumamoto, seminggu lagi di Tokyo. Karena bokap gw itu anak pertama dari 4 bersodara
jadi oom gw yg pertama itu tinggalnya di Tokyo, oom gw yg kedua tinggalnya di Kumamoto,
terus tante gw yg notabene anak bungsu, dia uda netep di New York sama suaminya.

Karena kita lama banget ga saling ketemu (bokap sm dua ade gw sempet ke Jepang, 2009),
tapi sisanya belom kesana lagi sejak 1999 hahaha. Termasuk gw. Kangen banget banget sih.
Dan oom gw yg kedua ini juga punya 5 anak, sama kyk bokap gw, 3 cewe 2 cowo juga.
Penting ya? hahaha. Miho, Yuri, Takeo, Yoshie, Aki. Mereka semua sepupu gw.
Miho sama Yuri udah married, anak-anaknya lucu banget, macam chibi marukochan, pipinya
pink, tembem pula. Yuri punya dua anak cewe yg imutnya keterlaluan, terus Miho punya anak
cowo yg unyunya uda tingkat dewa, tp doyan nangis hehehe (namanya juga anak-anak).
Sampe di Kumamoto, kita langsung di jemput sama oom dan istrinya,
Meet my uncle, Seshike-shan dan Hiroko-shan.

1/1/13 Happy New Year, everyone!! CHEERS! -Yoshimuras.
Selama perjalanan, gw berempat sama dua dede gw yg cowo dan bokap naik mobilnya oom,
kalau nyokap, kakak, dan dede gw yg cewe ikut mobilnya tante. Di jalan, gw lihat Kumamoto
yg uda lama banget ga gw liat. Jarak tiap mobil satu sama yg lain tuh jauh-jauh, ga ada tuh yg
nyerobot, main nyalip, ga mau ngalah, smuanya tuh tertib, rapi, pokoknya seneng aja liat yang
'berbeda' dari Jakarta hehe. Kumamoto itu emang ga semodern Tokyo, ga serame Tokyo juga.
Tapi, tenang, adem, rapi, dan kita kesana pas musim dingin, suhu disana itu bisa sampe -1. BRRR
Kebayang gw uda pake baju berlapis-lapis, masker, kupluk, sarung tangan, syal, and still kedinginan.
Saking keterlaluan dinginnya, gw jadi males mandi disana, jadi disana gw mandinya bisa dihitiung jari
HAHA. Sehari sekali aja. Itu aja butuh perjuangan ekstra keras buat masuk ke kamar mandi, padahal
pake air anget tp tetep aja malesnya juara.

Well, dua minggu disana, gw agak males juga kalo nulis per-day1, day 2, dan day-day selanjutnya.
pegel. kayak ada yg baca aja hahahaha. Intinya happy, bisa ketemu sama sodara-sodara yg skrg
udah banyak berubah (secara fisik ya) hahaha. Terus uda keliling-keliling, uda makan-makan juga.
#tetep. Dan pulang darisana jadi dapet ilham banyak #halah. Never get bored sama semua yang ada
di Jepang. Budayanya, ketertibannya, makanannya, orang-orangnya, suasananya, semuamuanya.
Gatau kapan lagi bisa kesana sekeluarga kayak kemarin. Tapi, kalo ada rejeki dan udah jodohnya
kalau harus kesana ya ga bakal kemana kok.

Thanks to ramen, udon, sushi, sashimi, kare, nigiri, nato, babi, steak, dango, matcha, chocobi, pocky,
wasabi, soyu, kitkat, family mart, super kids, hallo day, seven eleven, lawson, dan teman-temannya.
THE FOODS
My favorite snack! Wow. Ada rasa lain lho di Jepang.


It's Chocobi, Pocky, and a little box of chocolate. Heaven.
Sushi and Nigiri! Can't get enough! Apalagi disana lebih murah lho.
a Big bowl of Carshiu Ramen. Look how thick the slices of pork meat!
Breakfast at Joyfull Restaurant! Itadakimasu!
Ramen! my first meal when we arrived at Haneda airport.
My dinner at Cowboy Steak. Pleasure to have dinner with the whole family.
This is our dinner on New Years Eve. Kaiten Sushi.

Soba and chicken tamago don. We had this dishes at Tokyo.
Steak platter. Guess I had carb problem while I'm on a holiday.
Nigiri and Inari. Only 500 yen.
Thanks to kumamoto castle, gunung fuji, tokyo skytree, asakusa, akihabara, harajuku, shibuya,
shinjuku, ibaraki seaworld, hachiko, tokyo tower, yokohama, kuil tsukuba, dan masih banyak
teman-teman lainnya.
THE PLACES
Breathtaking Kumamoto Castle.
Beautiful view from the top of Kumamoto castle. It's winter ritee.
This is my uncle's house.
I bet you're recognize this places. It's traditional ramen stall. Love it!
at Tsukuba Temple. Full of people who wants to pray.
Me and my family at Yokohama's harbour bay. Kinda looks like Europe rite.
Finally, Sachiko and Hachiko :)
Tokyo SkyTree! So happy to be there!
The heart shape filled with romantic message and hope. Found it in front of Ibaraki Seaworld.
And also...
Thanks to many experiences that I've got: bisa liat sekolah SD, SMP, SMA, sampe Kampusnya
Papa, bisa liat taman bermainnya Papa waktu kecil. And so many places that I can't describe all
of them. Such a beautiful journey.
I'll see you soon, Japan! Especially Kumamoto.
Ciao!