Thursday, July 19, 2012

unplanned yet unexpected holiday

happy holiday semuanya!
Summer cuy summer hahahaha #apacoba
oke jadi gw mau bagi-bagi cerita sekaligus pengalaman yang kali aja ada gunanya buat yg baca hahaha
jadi sekitar sebulanan yg lalu, gw bareng sahabat gw dari SMA si @mariamanroe (maria) ngerencanain buat pergi berdua aja ke Karimun Jawa. Ada yg ga tau dimana Karimun Jawa atau apa sih Karimun Jawa? yauda googling deh sana dan siap-siap bengong-bengong sendiri liat kerennya alam Karimun Jawa yang ga kalah sama Bali bahkan hampir sekelas sama Raja Ampat, istilahnya dia itu semacem adiknya Raja Ampatlah ya.
Gw tuh lagi punya adrenalin travelling yang menggebu-gebu, jd tiap gw buka laptop, pasti kerjaannya cari info soal Karimun Jawa. Dari mulai nyari penginapan, jauhnya Karimun Jawa dari jakarta, harga tiket bus, harga tiket kapal sampe segala macemnya. Nah gw juga sempet nyari-nyari paket travel tour gitu #gakmaususah. Sebenarnya sih gw lebih demen backpacking yg bener-bener backpacking, jd ga ada tuh yg tarvel tour atau travel guide segala.
Cuman gara-gara gw masih baru sm yg namanya Karimun Jawa dan gw masih bingung misal kalo cuma berdua doang sm temen ntar gimana caranya gw nyari kapal buat ke pulau-pulau buat snorkeling? Again gw ngerasa gw menjadi orang termalas dan terbodoh sedunia.
Yauda dong jadilah gw pake travel agen kenalan temen gw, soalnya ada referensi gitu kalo agen travel kenalan dia nih bagus gitu servicenya. Sejalannya waktu, ternyata kakak sama temen gw yang lainnya juga mau ikut ditambah pacarnya kakak gw. Ditambah lagi emang di paket tour itu gw milihnya yang 4hari 3 malem dan gw mesti punya rombongan minimal 6 oranglah.
Pas banget deh udah berenam, dan ditambah 2 orang dari rombongan lain. Gw udah siap-siapin segala macemnya, dari sunblock, kacamata renang, sun glasses, de el el, excitement gw uda membumbung tinggi. Gimana engga? gw mau ke Karimun Jawa loh hahahaha.. Sampe-sampe gw minjem carrier dari 2 temen gw yg notabene anak gunung atau anak pencinta alam hahaha. Semuanya udah siap, dan datanglah si hari H yang uda lama ditunggu-tunggu.

Gw naek bus jam 7 malem dari terminal rawamangun, bus yg gw pake itu bus shantika, dikenalnya sebagai bus yang terbagus di rute mau ke jepara. Lamanya perjalanan di darat itu sekitar 12 jam sampe 13 jam. tengah malem si busnya berhenti gitu buat makan malem. Jadi tiket bus termasuk makan juga. Ya walo makannya ala kadarnya aja. tp daripada perut diisi angin mending diisi nasi kan.
Pegel segala macem  gw bawa tidur aja, mana kalo pas jam malem, supir bus suka gantian nyetirnya, dan ngebutnya bukan main. Gak bisa liat jalanan kosong dikit deh langsung syuuuuut diserbu sekenceng-kencengnya. Saran gw sih yang mau pergi jauh gitu mending siapin batre bb atau ipod atau mp3 player plus earphone atau headsetnya. Bawa jaket sama pake clana panjang soalnya malem-malem gitu di bus dinginnya gak kalah sama di kutub. Seriusan deh.
Matahari uda mulai muncul, subuhnya udah lewat, dan bus gw berhenti lagi buat shalat subuh, terus berhenti lagi buat isi bensin. Sampe di Jepara sekitar jam setengah 9 pagi, dilanjutin naik becak yang bisa diisi 2 orang, bayarannya perorang 10 ribu aja. Sebenarnya bisa sih jalan kaki ke Pelabuhan Kartini tapi badan udah cape mendingan kita kasi rejeki ke bapak-bapak tukang becak. Jepara pagi itu sepi banget, tapi entah kenapa enak banget suasananya.
Gw sebenernya udah dagdigdug, kapal penyebrangan KM Muria harunya jalan jam 9 pagi, tapi pas di bus sekitar jem 8 pagi, travel gw nelpon dan bilang kalau kapal KM Muria baru aja jalan. Gw udah serba pusing, tp tenang lg pas dia blg kalo ada kapal express bahari yang jalan jam sebelas siang. Oke sampai disana gw ketemu sama perwakilan travel gw dan kabar yang dia sampein bikin gw mau pingsan. Dia bilang kalau kapal express bahari udah habis tiketnya. Dan pilihan gw cuma dua, pertama, jadwal gw direschedule ke hari senin, karena hari minggu ga ada kapal yang melaut dan hari itu gw sampe di hari sabtu. Berhubung kakak gw dan pacarnya ga bisa minta ijin kerja lg jadi mau ga mau kita harus nyebrang ke Karimun Jawa hari itu juga. Segala macem usaha udah kita lakuin, soalnya yang senasib sama kita itu sampe 25 orang. Dari mulai mau nyewa kapal nelayan yg agak besar buat ngelaut atau usahain speedboat atau apapun deh cuman semua usaha itu gagal dengan alasan anginnya lg besar di tengah laut sana, mereka ga bisa ambil resiko. Segala macemnya uda kita usahain, sampe ngomel-ngomelin si travel ya mo gimana lg ya kitanya kan juga kecewa banget. Bener-bener kecewa. Sampe akhirnya si kapal express bahari berangkat, kita masih di Pelabuhan Kartini. Bingung mau ngapain juga, apalagi tiket bus udah gw beli PP pulangnya hari Selasa.
Bahkan Kakak gw sm pacarnya mau pulang ke Jakarta hari itu juga. Gw sih udah cape di jalan, makin sakit hatilah gw kalau pulang hari itu juga. Gw pun akhirnya tlp ke contact person bus, dan nanya apa bisa tiket pulang gw dimajuin jd hari ini juga? Orang busnya sampe bingung kenapa gw minta pulang hari itu juga. Tapi ternyata ga bisa dengan alasan bus udah penuh untuk hari sabtu dan minggu dan kita baru bisa pulang hari senin sore tanpa bayar lagi jadi pake tiket bus pulang yang dari awal kita beli. Perwakilan travel yang ada di Pelabuhan Kartini itu emang bertanggung jawab, dia mau anterin kita ke ATM dan penginapan, dia juga bilang ada pantai di Jepara yang kata orang bagus, namanya pantai bandengan. Dia sendiri belum pernah kesitu sih. Tapi yaudalah coba aja kita kesana. Dengan mobil kijangnya, dia anterin kita berenam ke pantai bandengan. Sampai disana, kebetean gw bertambah berkali-kali lipat, pantainya sama aja kaya ancol, rame banget! dimana-mana ada tukang jualan, aduh pokonya gw makin kecewa deh sama liburan gw yg kacau.
Kita pun ga mau turun dari mobil dan lebih milih nyari penginapan, akhirnya baru keluar dari gerbang pantai, ada resort yang ternyata udah penuh, dengan rate 900ribu yg berupa cottage. terus kita lanjut ke resort yang letaknya pas di sebelah resort sebelumnya. Dan kakak gw beserta sang pacar turun dari mobil, kita para anak-anak cupu diem-diem aja di mobil sambil ditemenin si orang travel ini yg nyeritain soal Karimun Jawa dan minta maaf soal keterlambatan tadi yang ga ada solusinya.
Nunggu-nunggu, lama juga ya.. kok Kakak gw ga balik-balik. Baru aja mau disusul, eh, dua orang itu lagi jalan ke arah mobil sambil bawa bukti pembayaran + brosur hotel. Tandanya kita jadi nginep nih. Yauda dong akhirnya bawa turun semua barang, pamitan sama mas B (nama disamarin aja ya) ahahaha
si mas B ini bilang kalau dia mau anterin kita kalau emang besok kita mau jalan-jalan ke kota Jeparanya.

Yauda deh akhirnya kita masuk ke hotel yang ternyata bentuknya juga cottage. pas wala masuk, gw nangkep kesan kalau resort ini keliatannya masih baru. Kelihatan banget dari beberapa cottage yg lagi bangun, pool yg lagi dibangun juga, gw jd agak lemes pas liat poolnya belom jadi. Eh tiba-tiba. Kakak gw nyeletuk kalau ada pool, gw langsung nyari-nyari dimana ni poolnya. Tau-tau ada aja loh itu pool, biru menggoda, semakin ke dalem, makin bagus aja ini resort, tamannya asri banget ada kafe sama mini barnya, restorannya juga asik, soalnya letaknya di tepi pantai. Speaking soal pantai, gw jadi kepo dan langsung lari ke tepi pantai, dan mata gw bener-bener dibikin shock! mata bisa shock!
Pantainya bersih! Pasirnya putih! Air lautnya bening, biru, hijau tosca gitu! Dan ternyata ini pantainya segaris sama pantai umum yang pertama kali gw datengin tadi. Mungkin karena pantai hotel jd lebih dijaga. Bete gw langsung ilang, gw langsung dapet energi positif deh sore-sore itu.
Intinya kita disana nginep selama 3 hari sampe hari senin, dari main kano, main banana boat, hunting sunrise, hunting sunset, berenang sama ikan-ikan kecil di pantai, jalan-jalan ke kota Jepara belanja oleh-oleh, main kartu uno sampe malem, curhat-curhatan ga penting di kamar, berenang sampe malem di pool.

Pelajaran yg gw dapet dari liburan gw kali ini adalah, kalau rencana lo itu belum tentu rencana Tuhan. dan satu yang pasti rencana Tuhan Yesus Kristus adalah rencana yang terbaik (PASTINYA), dibalik hujan badai pasti ada pelangi yang cantik, dan kalau memang belum waktunya, pasti ada wkatu yang indah yang Tuhan siapin.  Saran gw, kalau mau ke Karimun Jawa dari jakarta mendingan naik bus yang berangkatnya maksimal jam 5 sore, jadi sampai Pelabuhan Kartini jam 5 subuh atau 6 pagi, soalnya ada kebijakan kalau kapal KM Muria udah 80% penuh dengan penumpang, mesti diberangkatkan tanpa pikirin penumpang lain yg telat, jd sebisa mungkin sampe di Pelabuhan Kartini sepagi mungkin. Gw sih berjanji kalau gw ga bakal pake travel agen lagi, karena kapok sama mau bebas aja. Jadi gw ga nyalahin siapa-siapa lagi entarnya. Ke Singapur aja gw ga pake travel agen, harusnya di dalem negeri sendiri gw bisa backpacker sendiri dong. Dan gw janji gw bakal ke Karimun Jawa pastinya! Jangan pernah kapok sama perjalanan jauh ya, karena kita bs dapet temen baru, pengalaman berharga, pelajaran yang ga bakal kita dapet di bangku sekolah maupun kuliah.