Monday, August 20, 2012

retirement

Retirement? yep.
Gw udah pensiun dari segala macem kepanitiaan.
Udah dari semester satu sampe lima, gw ikut ini-itu.
Awalnya sih karena bermotifkan SKP, tapi lama-lama
jadi niatan gitu deh #sotoy #yakali.
Nah, karena sekarang gw udah retired dari semuanya,
gw jadi mau cerita-cerita singkat aja dari kepanitiaan
awal sampe akhir, suka dukanya, semuamuanya.

1. BONSAI
Bonsai itu kepanitiaan angkatan, jadi ini pertama kalinya buat anak-anak FTb 2009 yg dulu masih berstatuskan Maba, terus dapet tugas bikin acara yg melibatkan 80 orang/ satu angkatan. Vanessa Yolanda atau Vanyo kepilih jadi ketua panitia. Duh kangen. Jadi tema acaranya tuh kita mau ajarin anak-anak yg datang dari keluarga yg gak berkecukupan, buat dateng ke acara yg kita selenggarain di deket lingkungan tempat tinggal mereka, bikin kertas daur ulang. Dibuatnya dari bubur kertas campur lem campur pewarna yg aman sesuka kita, cetak, keringin, trus itu kertas dijadiin kreasi sesuka mereka deh. Dibagi jadi beberapa kelompok biar ngehandlenya lebih gampang, waktu itu gw kepilih jadi mentor. Repot, seru, seneng. semua jadi satu. Namanya jg ngajarin anak-anak, ya pasti ada ribetnyalah ya. Di Bonsai juga, kita semua belajar gimana kerja sebagai panitia, ada saat-saat rapat ga jalan efektif, panitia susah ngumpul, anna yg jd konsumsi sampe nyasar, evaluasi yg agak-agak sengit #lebay, sampe vanyo nangis dan kita pun 'bertobat' jadi lebih rajin HAHAHAHA. aduh udah lama banget ya Bonsai.


2. ELBOW
Ini kepanitiaan gw yang kedua, acaranya tuh talkshow gitu. Dia ngundang beberapa alumni sampe Co-foundernya Kalbe Farma, Dr. Boenjamin Setiawan. Waktu itu gw jadi staff dana dan konsumsi. Ketua panitiannya waktu itu Niko prasteyo, anak 2008. Overall acara berjalan lancar, walau masih ada kurang sana-sini, ya namanya juga belajar hehehe. Oh iya, elbow gw ga nemu fotonya, padahal waktu itu uda perna ngerasa di-tag foto"nya deh. HAHAHAHA.

3. MABIM
Panitia Mabim 2010 tuh mirip keluarga kecil yg bahagia hahaha, soalnya jumlah panitia yg sedikit, cuma belasan orang. Terus dia sistemnya tuh close recruitment. Mabim ini masa bimbingan, acaranya ditujuin khusus buat angkatan baru, waktu itu buat 2010. Nah mabim tuh acaranya berjalan 2-3 hari, biasanya pas weekend. Menurut gw mabim tuh seru banget, nyari dananya ga banyak, panitianya solid, ga kurang sana-sini, tiap rapat bawaannya semangat, pas eksekusinya juga ga kalah seru. Ketua mabim tahun 2010: Agnes Natalia, si aboy (nama beken) jg perdana nih jd ketua panitia. Tp enak" aja kok jadi anak buah aboy. Bahkan perpisahannya mesti setahun kemudian #pentingbanget. Isi panitianya juga asik", ada annes, eka, odey, jele, vanyo, frederic, momo, steph, adit, yustine. Nah di mabim ini gw pertama kalinya ngerasain jadi koorbid dana. Waktu itu ada momo sama stephanie sebagai anak-anak dana, gw sempet ngerasa kesulitan ngehandle divisi. Tapi dari situ gw belajar banyak. Oh iya tema mabimnya, MABIM BEGINS!


4. MAKRAB
Ini nih yg paling seru diantara yg seru-seru! #apacoba. Makrab SPRINGBREAK diadain di Hotel Kasa Krakatoa, Anyer, Banten. Ketuanya adalah Jennifer lheman a k a Jele! Jele sabar bgt jd ketua, walo gw rasa dia jg udah mau meledak pas jalaninnya HAHAHA you go girl! Gw jadi korbid dana (lagi), disini ini nih yg jadi beban banget, soalnya makrab itu jalannya bareng goblet, which is dua-duanya acara yg gigantisme, dua-duanya butuh dana super banyak, tanggal acaranya jg ga jauh-jauh amet, jadi makin bertambah stresslah anak-anak makrab. Gw sempet berniat doa puasa, sempet hopeless juga, soalnya dananya butuh banyak banget men! Gw berasa ketar-ketir. Gw ngomel terus kalo lg rapat, maaf ya. Dengan anak-anak dana gw yg ada 3 orang, bigel, yosline, christy. Gw bener-bener jual apapun itu, dari bunga, snack, sampe horta. Konsul sana-sini, soalnya makin tambah pressurenya gara-gara makrab sebelumnya jg sama beratnya. Niatan bikin makrab yg jauh lebih sukses udah terus-terusan di kepala. Sampe akhirnya Tuhan kasih rejeki berlimpah, kita main di SUPERDEAL, dan puji  Tuhan kita dapet tambahan 5 juta. Thanks to ferri tengterengtoeng yg udah sumbang kegilaannya hahahahaha. ENIWEI, gw pengen MAKRAB LAGI DONG, tapi jd peserta ya.


5. PELANGI
Science club bikin acara dan ngadain open recruitment, gw tertarik dan akhirnya nekat daftar. Padahal waktu itu gw lagi jadi panitia makrab, jadi kalau gw diterima di panitia ini, beban gw makin bertambah. Anehnya gw mau-mau aja, sampe bingung sebenernya apa yg ngerasukin gw waktu itu. Dan fakta berbicara, nama gw lolos jadi panitia, lebih tepatnya jadi koorbid acara. Mau pingsan ga sih. Salah sendiri, sempet mau ngundurin diri, tapi ga enak. Yauda skalian basah deh pikir gw waktu itu. Ketuanya itu Theda, anak 2008. Theda super sabar bgt ngehandle panitia hahaha. Gw masi inget nih nama" korbid yg lain, ada udin, dea, sama anas. Kayaknya sih segitu doang deh kalo ga salah HAHAHA. Akhirnya nama acaranya PELANGI. Diadainnya di St. Vincentius, ada asramanya gitu, karena berhubungan dengan anak-anak jadinya gw bikin tema PELANGI, kita ngadain percobaan" science yg fun dan bisa dimengerti anak-anak. Waktu itu anak-anak acaranya ada winnie, aliesa, gaby, kalau gak ada mereka mungkin gw bisa mati di tempat.


6. BONJOUR
This is my favorite!!! Outbound 2011. Panitianya total ada 48 kalo gak salah ya hahaha. dan semuanya gatau kenapa solid banget, keluarga banget, bahkan semua korbidnya itu temen-temen main gw. Ada anna di komdis, yosep di perkap, tedjo di keamanan, ahok di konsum, ncim di pdh, andrew di acara, winnie di trakom, dan gw di dana #tetep. Ga kebayang tiap rapat korbid isinya becandaan mulu. Boss OB kita itu agan anton ega HAHAHAHA. Terus ada marvin di korlap, eki di bendahara, steph di sekretaris. Kalo mau liat susunan panitianya, nih gw kasih #masihnyimpen


Bonjour adalah kepanitiaan yg paling gw kangenin, susah senengnya kerasa bareng-bareng. Bahkan sampe skrg kita blm adain pembubaran panitia, jadi technically masih ada dong ya bonjournya hahaha (padahal dananya ga ada HAHA I AM SORRY GUYS!). Diadain di Situgunung, tempat anak" 2009 diOBin dulu, Treasure! jadi galau, jadi kangen. Apalagi yg ikut advance jadi 5 hari di gunung, termasuk gw, tambah kangen. Bikin wedang jahe, tidur di tenda konsum, tidur di pleton, mandi pake teriak" segala, jaga pos jurit malam, cerita" creepy, ngegossip, sarapan popmie bareng", sleeping bag yg ilang-ilangan, evaluasi tengah malem yg bikin ngantuk, rapat berjam-jam, semua itu bikin cape tp ga salah lagi kalau semua itu bikin seneng banget. GW KANGEN SEMUA ITU GIMANA DONG!!!


7. FTb LEAGUE FUTSAL
Ini tuh panitia kecil yg super kecil, jumlahnya aja cuma ada 5 orang tambah 1 cabutan hahaha. ada sonny selaku ketua, gw sekretaris bendahara, ntet jadi pdh dan humas, philip sama ferry jd perkap gitu" deh. Panitia ini persiapannya hampir barengan sama OB, kayaknya gw emang hobi bikin diri sendiri repot deh. Tapi tetep seru kok, soalnya di panitia FTb league futsal ini, gw belajar soal surat gitu, bikin surat ijin, surat ini itu, sampe urusin bon-bon, dan LPJ dan SKP juga hahaha hadeh ribet. Belajar nyatet score sheet juga loh, jadi lebih jago deh hahaha. Ada ncim gioo juga sebagai panitia cabutan, thanks to NCIMSKY yg udah setia bantuin saya. aduh terharu biru. Ga ada fotonya juga nih hahaha.

8. MICROVONE
Panitia terakhir yg gw ambil, sekaligus tergede pula. Konser amal MICROVONE. butuh dana terbanyak sepanjang sejarah kepanitiaan #lebay #itstrue gw jadi staff acara bareng frederic, fitha, dan casella jadi koorbid kita. Vanno selaku ketua. Awalnya berat bgt jd panitia yg satu ini, tp lama-lama ya dibawa enjoy aja. Dan akhirnya kita sukses bikin acara ini, undang Barry Likumahuwa Project, Mjolnir, Spotlight, beberapa band FTb, dan dana yg kita sumbangin sekitar 18 jutaan untuk Panti asuhan cacat ganda, RAWINALA. Gw juga tambah seneng krn panti yg gw recommend kepilih jadi panti yg jadi sasaran amal kita. Anak-anak Rawinala berbakat semua, walau mereka punya kekurangan tapi mereka punya kelebihan yg belum tentu kita punya :) mereka bs bermain berbagai alat musik dan nyanyi, karena itu Rawinala jg ikut perform di atas stage, semua mata takjub melihat mereka!


Yep, udah yuk, pegel hahaha. Thanks buat semua kepanitiaan yg udah gw ikutin. Semuanya bikin gw belajar sesuatu yg ga gw dapet di kelas. Thanks buat kerjasama, dan segala macemnya. Semoga ke depannya banyak acara-acara yg bikin semua anak FTb bisa belajar soal team work dan leadership!